22 Des 2011

contoh RPP kelas x sma

           Satuan Pendidikan              :  SMA N 1  Bandongan    
Kelas                                     :  X
Semester                              :  Gasal
Mata Pelajaran                     :  Sosiologi
Jumlah Pertemuan              :  1 x pertemuan

A. Standar Kompetensi                  : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan   nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
B. Kompetensi Dasar                     : Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai Ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dengan lingkungannya
C. Indikator                                      : -Menganalisis masyarakat sebagai sistem sosial
                                                              -Mendiskripsikan dinamika sosial dalam masyarakat
D. Tujuan Pembelajaran              : melalui diskusi kelompok dan pengamatan siswa mampu menjelaskan fungsi sosiologi sebagai Ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dengan lingkungannya
E. Materi Pembelajaran                 : Realita sosial
F. Alokasi Waktu                               : 2 X 45 menit = 2jp =90 menit
G.Model Pembelajaran                  : Role playing
H. Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan pembelajaran
Waktu
1.
Pendahuluan


-Mmenyiapkan peserta didik secara psikis mengetahui kondisi siswa
-Memberikan penjelasan singkat tentang materi realitas sosial dan
 cakupan materi yang akan di capai

10 menit
2.
Kegiatan Inti

Langkah-langkah :
  1. Guru dan peserta didik menyiapkan ruang kelas sebagai tempat pementasan
  2. Guru menyiapkan skenario  tentang materi realitas sosial yang akan ditampilkan
  3. Guru menugasi beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelumnya
  4. Guru membentuk kelompok dengan anggota 5 orang,secara adil dan merata yang terdiri dari peserta didik yang aktif dan kurang aktif dan juga menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
  5. Guru berperan sebagai pemandu pementasan (diskusi)
  6. Guru memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi
  7. Peserta didik yang diberi peran sesuai skenario diminta memperagakan skenario
  8. Peserta didik dalam kelompok mengamati skenario yang diperagakan
  9. Selesai pementasan, kelompok membahas lembar kerja
  10. Tiap kelompok menyampaikan lembar kerjanya
  11. Guru memberikan simpulan setelah selsainya diskusi








70 menit
3.
Penutup

·         Peserta didik mencatat bagian-bagian dari materi yang dianggap penting
·         Guru mempersilahkan peserta didik untuk bertanya, kalau tidak ada guru akan menanyakan kepada peserta didik tentang materi realitas sosial yang telah di pentaskan (diskusi)
·         Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang materi yang telah dibahas sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Peserta didik mampu memberikan contoh realitas sosial dalam kehidupan sehari-hari
  • Guru menyampikan rpp pertemuan  selanjutnya , dan memberikan tugas bacaan kepada peserta didik
10 menit

I.              Metode Pembelajaran (inovatif)
-   diskusi kelompok dengan model pembelajaran role playing
      -    informasi kepada peserta didik

J. Media Pembelajaran
     -    gambar gambar informatif
 K. Sumber Bahan
Buku paket
Ø  Muin,idianto ,2006. Sosiologi sma/ma untuk kelas x :Jakarta,Erlangga
Ø  Tim sosiologi, sosiologi 1 untuk sma kelas x ,suatu kajian kehidupan masyarakat Yudhistira

L. Penilaian
       a. Observasi / Sikap dan Psikomotor
       b. Penilaian Kognitif : Metode Non test bentuk pemberian tugas











                                                                           Semarang,     15 desember 2011
Mengetahui :                                                                     Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah SMA N 1 Bandongan


Dra. Aniardi suprijani, M.Pd.                                M Abdan nurfiqin, Si. d.
NIP. 130 234 567                                                     NIM. 3401409003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar